Tuesday 26 May 2015

KLASIFIKASI BENDA

Benda disekitar kita sangat banyak sekali, jika kita amati bentuk, ukuran, warna, keadaan permukaan, bahan penyusun, dan sifatnya berbeda-beda.

Ingat!! dalam pengamatan mari kita pergunakan semua panca indera agar pengamatan yang kita lakukan baik.


Apa Ciri-ciri dari Benda-benda di Lingkungan Sekitar?

Di lingkungan sekitar terdapat banyak sekali benda. Ada mobil, motor, sepeda, sepatu, pensil, udara, papan tulis dan lain-lain. Itu semua merupakan bentuk benda. Setiap jenis benda mempunyai sifat atau ciri yang membedakannya dari jenis benda lain. Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan kelompok makhluk hidup. Makhluk hidup (biotik) dan benda tak hidup (abiotik) atau benda mati dibedakan dengan adanya gejala kehidupan. Makhluk hidup menunjukkan adanya ciri-ciri atau gejala-gejala kehidupan, sedangkan benda mati tidak menunjukkan gejala-gejala kehidupan. Secara umum, ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidup adalah bernapas, bergerak, makan dan minum, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa, peka terhadap rangsang, dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan.

Coba perhatikan gambar berikut ini.









Ciri-ciri Benda Hidup/Makhluk Hidup (Biotik)

a. Bernapas (Respirasi)
Setiap saat kita bernapas, yaitu menghirup udara yang diantaranya mengandung oksigen (O2) dan mengeluarkan udara dengan kandungan karbon dioksida (CO2) lebih besar dari yang dihirup. Kita dapat merasakan kebutuhan bernapas dengan cara menahan untuk tidak menghirup udara selama beberapa saat. Tentunya kita akan merasakan sesak sebagai tanda kekurangan oksigen.

b. Memerlukan Makanan dan Minuman (Nutrisi)
Untuk beraktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Dari manakah energi tersebut diperoleh? Untuk memperoleh energi, makhluk hidup memerlukan makanan dan minuman tentunya.

c. Bergerak
Kita dapat berjalan, berlari, berenang, dan menggerakkan tangan. Itu merupakan ciri bergerak. Tubuh kita dapat melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak. Sistem gerak terdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama membentuk sistem gerak.

d. Tumbuh dan Berkembang
Apabila kita perhatikan tubuh kita, samakah tinggi dan berat badan kita sekarang dengantinggi dan berat waktu masih kecil? Hewan juga mengalami hal yang sama. Kupu-kupu bertelur, telur tersebut kemudian menetas menjadi ulat, lalu menjadi kepompong, kepompong berubah bentuk menjadi kupu-kupu muda, dan akhirnya berkembang menjadi kupu-kupu dewasa.

e. Berkembang Biak (Reproduksi)
Kemampuan makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut berkembang biak (reproduksi). Berkembang biak bertujuan untuk melestarikan keturunan agar tidak punah. Sebagai contoh kita lahir dari ayah dan ibu, ayah dan ibu kita masing-masing juga mempunyai orang tua yang kita panggil dengan sebutan kakek dan nenek, dan seterusnya.

f. Peka terhadap Rangsang (Irritabilitas)
Bagaimanakah reaksi kita jika tiba-tiba ada sorot lampu yang sangat terang masuk? Tentu secara spontan kita akan segera menutup kelopak mata. Dari contoh itu menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan terhadap rangsangan yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsangan disebut iritabilitas. Iritabilitas merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menanggapi rangsangan. Hewan dan manusia dilengkapi dengan alat indra untuk menanggapi rangsang, seperti hidung untuk mencium bau, mata untuk melihat, dan telinga untuk mendengar. Hewan tertentu memiliki alat indra khusus, seperti gurat sisi pada ikan yang berfungsi untuk mengetahui perubahan tekanan air. Tumbuhan juga mempunyai kepekaan terhadap rangsang yang menghasilkan gerak pada tumbuhan. Rangsang tersebut dapat berupa sentuhan, cahaya matahari, air, zat kimia, suhu, dan gravitasi bumi.

g. Menyesuaikan diri dengan Lingkungan (Adaptasi)
Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disebut adaptasi. Contoh: tumbuhan yang hidup di tempat kering memiliki daun yang sempit dan tebal, sedangkan tumbuhan yang hidup di tempat lembab memiliki daun lebar dan tipis. 

Ciri-ciri di atas hanya secara umum saja kawan, kami mengajak kawan-kawan rajin mengamati benda-benda disekitar lingkungan agar menemukan ciri-ciri khusus benda tersebut.

Jadi kawan kesimpulannya benda-benda disekitar kita secara umum diklasifikasi/dikelompokkan menjadi benda hidup atau makhluk hidup (biotik) dan benda tak hidup (abiotik).
 
Tapii.... Dalam klasifikasi benda ini kawan jika kita perhatikan lagi bahwa segala sesuatu yang berada di alam semesta tersusun atas materi, yang terdiri atas unsur air, udara, tanah, dan
api.

Lalu bagaimana mengklasifikasikan benda berdasarkan materi yang dimilikinya?
>>>>> Klasifikasi Materi

3 comments:

  1. https://ullandari09.wordpress.com/
    https://mesinmesinterbaik.wordpress.com/

    ReplyDelete
  2. As stated by Stanford Medical, It's really the one and ONLY reason this country's women live 10 years longer and weigh 19 kilos lighter than us.

    (And actually, it has absolutely NOTHING to do with genetics or some hard exercise and EVERYTHING to do with "how" they are eating.)

    BTW, I said "HOW", not "what"...

    CLICK this link to find out if this brief quiz can help you unlock your real weight loss potential

    ReplyDelete