Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator 5.4:
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnet dan penerapannya pada transformator.
Soal UCUN I DKI Jakarta Paket A-2015 (No.16)
Soal No.1
Jika N = jumlah lilitan, V = tegangan, dan I = kuat arus, prinsip tranformator step down yang benar adalah ….
A. Np > Ns, Ip > Is, Vp > Vs
B. Ns > Np, Is > Ip, Vp < Vs
C. Ns > Np, Is < Ip, Vs > Vp
D. Np > Ns, Ip < Is, Vs < Vp
Kunci Jawaban: D
Soal UCUN I DKI Jakarta Paket B-2015 (No.16)
Soal No.2
Jika N = jumlah lilitan, V = tegangan, dan I = kuat arus, prinsip transformator step up yang benar adalah ….
A. Np > Ns, Ip > Is, Vp > Vs
B. Ns > Np, Is > Ip, Vp < Vs
C. Ns > Np, Is < Ip, Vs > Vp
D. Np > Ns, Ip < Is, Vp < Vs
Kunci Jawaban : C
Soal UCUN II DKI Jakarta Paket A-2015 (No.16)
Soal No.3
Transformator:
Transfor-
mator
|
Vp
|
Vs
|
Np
|
Ns
|
Ip
|
Is
|
P
|
X
|
110
V
|
220
V
|
200
|
400
|
2A
|
1A
|
220
w
|
Y
|
50
V
|
10
V
|
1000
|
200
|
0,5
A
|
2,5
A
|
100
w
|
A. transformator X adalah step dwon karena Is < Ip
B. transformator X adalah step up karena Px > Py
C. transfomator Y adalah step down karena Np > Ns
D. transformator Y adalah step up karena Vs < Vp
Kunci Jawaban: C
Soal UCUN II DKI Jakarta Paket B-2015 (No.16)
Soal No.4
Transformator
Tranformator
|
Vp
|
Vs
|
Np
|
Ns
|
Ip
|
Is
|
P
|
X
|
220V
|
110V
|
400
|
200
|
1A
|
2A
|
220w
|
Y
|
10V
|
50V
|
200
|
1000
|
2,5A
|
0,5A
|
110w
|
A. transformator X adalah step up karena Vp > Vs
B. transformator Y adalah step down karena Np > Ns
C. transformator Y adalah step up karena Py < Px
D. transformator X adalah step down karena Ix > Ip
Kunci Jawaban: D
Soal No.5
Untuk mengubah tegangan listrik bolak-balik rendah menjadi teganggan tinggi digunakan transformator ....
A. jumlah kumparan primer sama dengan kumparan sekunder
B. jumlah kumparan primer lebih sedikit dari kumparan sekunder
C. jumlah kumparan primer lebih banyak dari kumparan sekunder
D. kumparan primer dan sekunder tindak memiliki kumparan
Kunci Jawaban: B
[BACA: SOAL MATERI SAMA DAN PEMBAHASANNYA]
No comments:
Post a Comment