Tuesday 5 May 2015

Soal No.12 UN IPA Fisika SMP/MTs 2014 dan Pembahasannya

Soal No.12 IPA Fisika SMP/MTs Tipe-1
Proses pemuatan listrik statis dapat terjadi pada plastik yang digosok dengan kain wol. Pernyataan pada tabel yang benar adalah….







Pembahasan
Sesuai dengan kesepakatan para fisikawan, apabila plastik bermuatan listrik maka plastik bermuatan negatif sedangkan wool yang digosokkan dengan plastik, bermuatan positif.

Plastik bermuatan negatif = plastik berkelebihan elektron = plastik menerima elektron
Wool bermuatan positif = wool berkekurangan elektron = wool kehilangan elektron

Jadi, jawaban yang benar adalah C


Soal No.12 IPA Fisika SMP/MTs Tipe-2
Hasil percobaan menggosokan kaca dan plastik dengan kain sutera dan kain wol untuk memperoleh muatan listrik ditunjukkan pada tabel sebagai berikut!







Pernyataan hasil percobaan yang benar adalah….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)

Pembahasan
Sesuai dengan kesepakatan para fisikawan, apabila plastik bermuatan listrik maka plastik bermuatan negatif sedangkan kain wol yang digosokkan dengan plastik, bermuatan positif. Demikian juga apabila kaca bermuatan listrik maka kaca bermuatan positif sedangkan kain sutera yang digosokkan dengan kaca, bermuatan negatif.

Plastik bermuatan negatif (plastik berkelebihan elektron) sedangkan kain wol bermuatan positif (kain wol berkekurangan elektron) = elektron kain wol pindah ke plastik.
Kaca bermuatan positif (kaca berkekurangan elektron) dan kain sutera bermuatan negatif (kain sutera berkelebihan elektron) = elektron kaca pindah ke kain sutera. 

Jadi, jawaban yang benar adalah A. 

Soal No.12 IPA Fisika SMP/MTs Tipe-3
Kaca yang digosok dengan kain sutera akan terjadi proses pemuatan listrik pada kaca maupun kain sutera. Pada tabel berikut ini penjelasan yang benar adalah….








Pembahasan
Sesuai dengan kesepakatan fisikawan, apabila kaca digosokkan dengan kain sutera maka kaca bermuatan positif sedangkan kain sutera bermuatan negatif.

Kaca bermuatan positif = kaca kehilangan elektron.
Kain sutera bermuatan negatif = kain sutera menerima elektron.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

BACA: SOAL MATERI SAMA ADA DISINI!!!

No comments:

Post a Comment