Tuesday 14 April 2015

Alat Ukur Besaran Massa

Salam untuk para fisikawan hijau!

Saat ini dihadapan Anda merupakan menu Alat Ukur Besaran Massa.

Kawan hijau yang setia, besaran massa dapat diukur menggunakan beberapa alat ukur seperti neraca pasar, neraca elektronik, neraca lengan, dan neraca pegas. Oh ya kawan, sehari-hari di masyarakat Indonesia neraca ini sering disebut timbangan.

Sekarang kita kupas satu-satu ya....
a. Neraca Pasar
    Neraca pasar banyak digunakan di pasar atau di warung kawan.... gunanya untuk mengukur atau menimbang massa benda, misalnya beras, terigu, minyak goreng, telur, dan lain-lain. Untuk mengukur massa dengan neraca pasar, benda yang akan diukur atau ditimbang ditempatkan pada bejana penimbang, kemudian anak timbangan yang telah diketahui massanya ditempatkan pada pelat.

b. Neraca Elektronik (Neraca Digital)

           Neraca elektronik atau neraca digital merupakan neraca yang dilengkapi dengan layar digital yang dapat  menampilkan secara otomatis nilai massa benda yang diukur, sehingga neraca elektronik ini tidak memerlukan anak timbangan.

 c. Neraca Lengan

           Fisikawan hijau, terdapat beberapa macam neraca lengan, yaitu neraca dua lengan, neraca tiga lengan, dan neraca empat lengan.
           Untuk mengukur massa benda dengan menggunakan neraca ini, kita dapat menempatkan benda pada piring neraca yang tergantung pada lengan pendek (pada gambar terdapat disebelah kiri), kemudian neraca  dapat diseimbangkan dengan cara menggeser-geser beban geser yang terdapat pada masing-masing lengan pada kedudukan yang paling tepat. Setelah keadaan keseimbangan tercapai, maka massa benda tersebut dapat ditentukan dengan membaca skala yang tertera pada masing-masing lengan.
Contoh :
Skala yang tertera pada masing-masing lengan yaitu:
lengan belakang = 100 g
lengan tengah    = 20 g
lengan depan     = 5
Jadi massa benda = 100 g + 20 g + 5 g = 125 g





d. Neraca Pegas atau Dinamometer

           Neraca pegas merupakan neraca yang dilengkapi dengan dua jenis skala, yaitu skala satuan massa (kilogram) dan skala satuan besaran gaya (newton) atau mengukur berat -- ini akan kita kupas di menu berat benda dan menu gaya di level 8 kawan!

<== klik gambar untuk memperbesar!

Saya rasa sudah jelas mengenai alat ukur besaran massa yang kita telah kupas. Jika ada pertanyaan, isikan di kolom komentar dibawan ini ya....

Terimakasih atas kunjungannya kawan.
Salam fisikawan hijau! Salam sukses.

2 comments:

  1. ullandari09.wordpress.com
    mesinmesinterbaik.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. https://fitrianisuci.wordpress.com

    ReplyDelete