Wednesday 15 April 2015

Medan Magnet dalam Fisika

Salam Kawan Hijau, Salam Sukses!
Kawan tahu medan?? Medan ibukota sumatera utara tempat aku lahir he..he..he... tapi saat ini kita bukan membahas tentang Kota Medan ya kawan.. kita membahas medan yang ada pada magnet namanya medan magnet.
Medan itu artinya daerah, wilayah atau tempat berlangsungnya suatu kejadian.

Nah kita sekarang membahas medan pada magnet.

Medan magnet adalah daerah atau di sekitar magnet yang masih terpengaruh oleh daya tarik magnet. Medan magnet dapat ditimbulkan oleh:
  • benda magnetik
  • arus listrik
       Adanya medan magnet di suatu ruang dapat ditunjukkan dengan mengamati pengaruh yang ditimbulkan oleh magnet tersebut. Hal itu dapat dilakukan dengan menempatkan benda yang dapat ditarik oleh magnet, seperti besi.
       Medan magnet dapat digambarkan dengan garis-garis gaya magnet yang disebut spektrum magnetik. Garis gaya magnet adalah garis khayal yang menggambarkan medan magnet. Garis gaya magnet merupakan lintasan kutub utara magnet-magnet kecil apabila dapat bergerak dengan bebas. Garis gaya magnetik selalu memancar dari kutub utara ke kutub selatan dan tidak pernah memotong.
                                Gambar Garis-garis gaya Magnet

       Garis-garis gaya magnet yang menunjukkan adanya medan magnet di sekitar benda magnet memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  • Garis-garis gaya magnet tidak pernah saling berpotongan.
  • Garis-garis gaya magnet selalu keluar dari kutub utara magnet dan masuk ke kutub selatan magnet.
  • Kerapatan garis-garis gaya magnet menunjukkan kuat medan magnet.

Lanjut kawan ke... ==> Medan Magnet di sekitar Kawat Ber-arus Listrik

No comments:

Post a Comment